Evaluasi adalah suatu proses identifikasi dalam mengukur atau menilai apakah suatu kegiatan atau suatu program yang dilaksanakan sesuai dengan perencanaan atau tujuan yang ingin kita capai.
Karena dalam keseharian evaluasi pembelajaran sering disama artikan dengan ujian. Meskipun sangat berkaitan, akan tetapi tidak mencakup keseluruhan makna evaluasi pembelajaran yang sebenarnya. Ujian atau tes hanyalah salah satu jalan yang dapat ditempuh untuk menjalankan proses dalam evaluasi.
Gambar 1 : Evaluasi Pembelajaran di Universitas Medan Area
Evaluasi sangat dibutuhkan dalam berbagai bidang kehidupan sehingga dapat meningkatkan efektivitas dan produktivitas, baik dalam lingkup individu, kelompok, ataupun lingkungan kerja.
Beberapa informasi yang kita dapat dari sebuah proses evaluasi sebagai berikut :
- Untuk mengukur tingkat kemajuan suatu aktivitas.
- Untuk melihat tingkat pencapaian suatu aktivitas sesuai apa tidak dengan
- Untuk membuat perencanaan yang harus dapat dilakukan di masa yang akan datang.
Beberapa pengertian evaluasi menurut beberapa ahli :
- Evaluasi merupakan suatu serangkaian kegiatan yang bertujuan untuk mengukur tingkat keberhasilan suatu program pendidikan (Suharsimi Arikunto)
- Evaluasi ialah suatu proses yang sistematis untuk bisa menentukan atau membuat keputusan sampai sejauh mana tujuan-tujuan pengajaran telah dicapai siswa (Norman E. Gronlund)
- Evaluasi yaitu sebuah usaha atau proses dalam menentukan nilai-nilai. Secara khusus evaluasi atau penilaian juga dapat diartikan sebagai suatu proses pemberian nilai berdasarkan data kuantitatif hasil pengukuran untuk keperluan pengambilan keputusan (D Rooijakkers).
Tujuan dari evaluasi menurut beberapa ahli adalah sebagai berikut :
- Menurut GR Terry tujuan dari evaluasi adalah :
- Sebagai alat dalam memperbaiki suatu kebijakan terkait kegiatan dan rencana yang telah ada.
- Memperbaiki pengalokasian suatu sumber daya.
- Mengkontrol dan memperbaiki suatu kegiatan yang tengah berjalan.
- Merencanakan ulang dengan lebih baik akan sebuah program.
2. Menurut Arikunto evaluasi tujuan dari evaluasi ada 2 (dua) yakni secara umum dan khusus. Tujuan secara umum menitikberatkan pada suatu program secara menyeluruh. Tujuan secara khusus fokus pada setiap komponen dalam manajemen suatu organisasi
- Menurut Suprihanto terdapat 5 (Lima) tujuan dari evaluasi:
- Sebagai alat dalam perbaikan dan perencanaan suatu kegiatan.
- Memperbaiki penggunaan dan penyediaan berbagai sumber daya, sumber dana, dan manajemen di masa yang akan datang.
- Memperbaiki sebuah proses pelaksanaan dan segala faktor yang berpengaruh.
- Merencanakan ulang suatu porgam dengan mengontrol keterkaitan pada perubahan yang telah terjadi pada program sebelumnya.
- Mengukur suatu progress yang telah direncanakan.
Gambar 2 : Evaluasi Pembelajaran di Universitas Medan Area
Beberapa fungsi evaluasi menurut para ahli adalah :
- Menurut Arifin fungsi dari evaluasi pembelajaran adalah :
- Fungsi formatif, yakni untuk memberikan umpan balik kepada guru sebagai dasar untuk memperbaiki proses pembelajaran dan mengadakan program remedial jika diperlukan bagi peserta didik.
- Fungsi sumatif, yaitu menentukan nilai kemajuan atau hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran tertentu, sebagai bahan untuk memberikan laporan kepada berbagai pihak, penentuan kenaikan kelas, dan penentuan lulus tidaknya peserta didik.
- Fungsi diagnostik, yakni untuk memahami latar belakang meliputi latar psikologis, fisik, dan lingkungan peserta didik yang mengalami kesulitan belajar, yang hasilnya dapat digunakan sebagai dasar dalam memecahkan kesulitan-kesulitan tersebut.
- Fungsi penempatan, yaitu menempatkan peserta didik dalam situasi pembelajaran yang tepat (misalnya dalam menentukan program spesialisasi) sesuai dengan tingkat kemampuan peserta didik.
- menurut Sudjana adalah :
- Alat untuk mengetahui tercapai-tidaknya tujuan instruksional.
- Umpan balik bagi perbaikan proses belajar-mengajar.
- Dasar dalam menyusun laporan kemajuan belajar siswa kepada para orang tuanya.
Demikianlah tulisan saya mengenai evaluasi semoga bermanfaat.